Thermal System and Renewable Energy Engineering

It's about clean and cheap energy

Apple Gunakan Energi Terbarukan Untuk Gedung Pusat Datanya

Posted by ropiudin pada 24 Februari 2012


Barangkali Apple bisa menjadi contoh bagi perusahaan-perusahaan lain untuk mandiri dari sisi energi. Meski teknologi energi terbarukan masih belum mencapai titik kompetitif dengan teknologi energi bahan bakar fosil, dalam banyak hal teknologi energi terbarukan masih memberikan keuntungan.

Apple sendiri sebelumnya diterpa masalah lingkungan yang diakibatkan oleh Foxconn di Cina sebagai pabrikan pembuat produk-produknya. Masalah tersebut mendorong Apple mengambil langkah untuk terus memantau proses produksi Foxconn.

Tetapi Apple tampaknya memiliki agenda dalam mewujudkan perusahaan itu sebagai perusahaan yang berkesinambungan. Langkah Apple terhadap Foxconn adalah satu dari sekian banyak rencana Apple terhadap lingkungan. Sementara pemakaian energi terbarukan yang akan dilakukannya di tahun-tahun mendatang di pusat datanya juga termasuk dalam agenda perusahaan itu.

Salah satu yang akan dilakukannya adalah memasang 20 MegaWatt panel surya di atas atap gedung yang bermarkas di Carolina Utara itu. Diperkirakan energi yang akan dihasilkan dari panel-panel surya tersebut mencapai 42 juta kiloWattjam selama setahunnya.

TIdak hanya memanfaatkan energi surya saja, perusahaan raksasa itu juga akan menggunakan fuel cell berkapasitas 5 MegaWatt. Sedangkan hidrogennya didapatkan dari biogas. Lebih  dari 40 juta kWh akan dihasilkan untuk menanggung beban dasar pusat data Apple sepanjang tahunnya.

Sorry, the comment form is closed at this time.