Thermal System and Renewable Energy Engineering

It's about clean and cheap energy

2012 adalah Tahun Energi Terbarukan Internasional

Posted by ropiudin pada 11 Januari 2012


Selamat Tahun Baru 2012! Tahukah kamu kalau tahun 2012 merupakan Tahun Energi Terbarukan Internasional?

Apa itu Energi Terbarukan?

Energi terbarukan adalah energi yang dalam proses produksi dan penggunaannya mendukung pembangunan manusia dalam berbagai aspek kehidupan termasuk aspek sosial, ekonomi dan lingkungan. Sidang Umum Perserikatan Bangsa Bangsa Desember lalu menasbihkan tahun 2012 sebagai tahun energi terbarukan internasional. Di negara berkembang, akses ke energi modern dan terjangkau adalah faktor penentu tercapainya target pembangunan milenium (Millennium Development Goals) pada 2015. Sebagaimana dilaporkan oleh situs Sustainable Energy for All, tahun ini PBB akan menggelar berbagai aktifitas untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap isu kemiskinan energi dan akses ke energi modern untuk semua. Kegiatan ini akan dilakukan dalam skala lokal, regional dan internasional. Inisiatif PBB ini akan melibatkan semua pihak termasuk pemerintah, sektor swasta dan masyarakat sipil di seluruh dunia guna meraih tiga target besar yaitu: menjamin akses yang setara atas energi modern, melipatgandakan efisiensi energi dan melipatgandakan kontribusi energi terbarukan dalam struktur energi global sebelum 2030. Peluncuran Program Energi Terbarukan untuk Semua ini akan dilaksanakan pada 16-18 Januari bersamaan dengan digelarnya World Future Energy Summit di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Sejak 1959, PBB telah mensponsori berbagai kegiatan tahunan berskala internasional guna menarik perhatian atas berbagai masalah riil di masyarakat. Tahun ini PBB ingin meningkatkan kepedulian masyarakat pada isu kemiskinan energi dan menunjukkan bahwa akses ke energi bersih, aman dan terjangkau bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Tanpa adanya komitmen global untuk memerangi kemiskinan energi, Lembaga Energi Internasional (International Energy Agency) memerkirakan, jumlah masyarakat yang kekurangan listrik hanya akan berkurang dari 1,4 milliar pada saat ini menjadi 1,2 milliar pada 2030. Jumlah penduduk yang menggunakan sumber energi tradisional, seperti kayu, sekam, dedaunan dsb, akan naik dari 2,7 milliar saat ini ke 2,8 milliar pada 2030.

Masalah perubahan iklim dan kerusakan lingkungan semakin menegaskan pentingnya dunia untuk beralih ke energi baru dan terbarukan. Kapasitas energi terbarukan global naik 10-60% dalam jangka waktu lima tahun antara tahun 2004 hingga 2009. Investasi di energi terbarukan juga meningkat 63% pada kuartal pertama 2010 dibanding periode yang sama 2009. Saat ini lebih dari 100 negara telah memiliki target dan kebijakan energi terbarukan naik dari 55 negara pada awal 2005.

Sorry, the comment form is closed at this time.