Thermal System and Renewable Energy Engineering

It's about clean and cheap energy

Audit Energi

Posted by ropiudin pada 7 Januari 2012


Audit energi adalah proses evaluasi pemanfaat energi dan identifikasi peluang penghematan energi serta rekomendasi peningkatan efisiensi pada pengguna sumber energi dan pengguna energi dalam rangka konservasi energi. Audit energi dilaksanakan sekurang-kurangnya pada proses dan pengguna energi utama secara berkala paling sedikit satu kali dalam tiga tahun. Proses audit dapat dilakukan oleh auditor internal maupun eksternal, namun auditor-auditor tersebut wajib memiliki sertifikat kompetensi sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Standar kompetensi auditor energi di bidang industri dan gedung sedang dalam proses penetapan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (MESDM).

Rekomendasi audit energi yang bersifat no maupun low cost wajib diterapkan dalam jangka waktu kurang dari tahun, selain itu rekomendasi yang memerlukan perubahan proses atau yang  memerlukan investasi   dan memenuhi kriteria teknis dan ekonomis wajib diterapkan dalam jangka menengah atau kurang dari 5 tahun. Tetapi, rekomendasi audit energi  tidak dapat dilaksanakan karena sesuatu hal, maka pengguna energi dan pengguna sumber energi harus memberikan  penjelasan baik secara teknis maupun ekonomis.

Laporan tahunan disampaikan pada bulan Januari – Maret tahun berikutnya, disamping itu laporan tersebut paling sedikit memuat informasi  mengenai : rencana yang akan dilakukan; target dan pencapaian; jenis dan konsumsi energi; penggunaan peralatan hemat energi; langkah-langkah konservasi energi; dan jumlah produk yang dihasilkan atau jasa yang diberikan.

Menteri, Gubernur, Bupati ataupun walikota melakukan koordinasi dalam rangka evaluasi pelaksanaan konservasi energi paling sedikit satu kali dalam setahun, setelah itu berdasarkan hasil evaluasi laporan pelaksanaan konservasi energi, Menteri, Gubernur, Bupati/Walikota  mengumumkan  pengguna energi dan pengguna sumber energi yang telah berhasil melaksanakan manajemen energi.

Sorry, the comment form is closed at this time.