Thermal System and Renewable Energy Engineering

It's about clean and cheap energy

SBY Tak Mau Buru-buru Bangun PLTN di Indonesia

Posted by ropiudin pada 17 Juni 2011


Jakarta – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menganggap pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di Indonesia belum perlu. Syaratnya, selama masih ada sumber energi lain untuk menutupi kebutuhan listrik Tanah Air.

Hal ini disampaikan SBY menanggapi pertanyaan wartawan tentang perlunya PLTN di Indonesia. Terutama setelah melihat kejadian yang menimpa PLTN Fukushima, Jepang, pasca-gempa dan tsunami beberapa waktu lalu.

“Saya berpendapat kalau bisa dipenuhi kebutuhan listrik dengan pembangkit listrik non nuklir itu akan bagus,” kata SBY saat jumpa pers di Hotel Imperial, Tokyo, Jepang, Kamis (16/7/2011).

“Apalagi dengan sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan itu juga akan bagus,” tambahnya.

Menurut SBY, setiap negara memiliki pilihan masing-masing tentang perlu tidaknya PLTN di negara mereka. Indonesia untuk sementara ini memilih tidak menggunakan itu.

“Kalau saya pribadi, manakala masih bisa kita bangun yang tidak menggunakan tenaga nuklir, itu pilihan yang kita pilih,” tegasnya.

Ditambahkan kepala negara, kebutuhan PLTN bisa saja dilakukan pada 30-40 tahun mendatang. Namun syarat utama dari hal tersebut adanya jaminan keamanan dan peralatan agar tidak terjadi kebocoran bila ada bencana.

“Jika ada pikiran itu dipikirkan aspek pengamanan, sistem dan peralatannya. Itu yang menurut saya penting,” tutupnya.

Sorry, the comment form is closed at this time.

 
%d blogger menyukai ini: