Thermal System and Renewable Energy Engineering

It's about clean and cheap energy

RASIO ELEKTRIFIKASI DI INDONESIA BAGIAN BARAT BARU 62%

Posted by ropiudin pada 22 Mei 2011


“Potensi energi Sumatera Selatan khususnya dan wilaya pulau Sumatera umumnya cukup besar. Potensi tersebut meliputi tenaga hidro,gas,minyak bumi,batubara,dan panas bumi”. Demikian menurut Nandi Ranadireksa,General Manager PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu (S2JB) sebagaimana dikutip dari Majalah Listrik Indonesia menjelang Launching Pameran dan Seminar Kelistrikan Indonesia 2011.

Potensi energi tersebut saat ini masih terus diupayakan pemanfaatan dan pengembangannya. Direktur Operasi Indonesia Bagian Barat (DirOPIB) PT PLN (Persero), Harry Jaya Pahlawan mengatakan “Saat ini rasio elektrifikasi wilayah Indonesia Bagian Barat baru mencapai angka 62% dengan tingkat pertumbuhan 10 % “. Beliau mengatakan rasio elektrifikasi itu masih bisa ditingkatkan, apalagi PLN Operasional Indonesia Barat menargetkan tingkat elektrifikasi mencapai 80% pada tahun 2014.

Harry mengakui bahwa untuk memanfaatkan potensi energi yang sedemikian banyak tersebut tidaklah semudah membalik telapak tangan. Dukungan dari berbagai pihak termasuk dari kalangan investor dan pemerintah mutlak diperlukan. Sebagai langkah besar awal dari pengembangan dan pemanfaatan potensi energi yang ada di Indonesia Bagian Barat, Harry mengusulkan untuk diadakan suatu wadah berbentuk kegiatan pameran dan seminar.

Dalam sambutannya pada acara Launching Pameran dan Seminar Kelistrikan 2011, DirOPIB mengatakan, rencana untuk mengadakan seminar dan pameran tersebut mendapat dukungan dari Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin. Sebagai bukti nyata dukungan tersebut, Harry menjelaskan, bahwa Gubernur akan hadir untuk membuka secara resmi kegiatan Pameran yang akan diadakan pada tanggal 31 Maret 2011. Beliau juga akan hadir pada acara seminar yang bertemakan Potensi dan Peluang Investasi Industri Kelistrikan Indonesia Bagian Barat sebagai Keynote Speaker.

PT PLN (Persero) S2JB Siap Dukung SEA GAMES XXVI Tahun 2011

Kenapa kegiatan pameran dan seminar ini diadakan di kota Palembang ? karena Palembang layak jual, demikian dijelaskan GM PLN S2JB. Nandi menjelaskan bahwa hal ini karena pada bulan November 2011 ini, kota Palembang akan menjadi penyelenggara kegiatan SEA GAMES XXVI. Kegiatan ini tampaknya ditujukan sebagai bentuk kesiapan PT PLN (Persero) untuk mendukung suksesnya Indonesia sebagai tuan rumah dari pesta olah raga negara-negara Asia Tenggara. Nandi juga mengatakan, “pasokan listrik Sumsel saat ini paling aman se-Sumatera”.

Sorry, the comment form is closed at this time.