Thermal System and Renewable Energy Engineering

It's about clean and cheap energy

Kenali Lebih Jauh Bahan Bakar Pertamax

Posted by ropiudin pada 18 Mei 2011


 

Wacana larangan menggunakan BBM bersubsidi untuk motor oleh pemerintah baru- baru ini langsung mendapat kecaman keras dari kalangan masyarakat kita, terutama dari kalangan pemakai sepeda motor.

Pasalnya, rencana pemerintah yang melarang kendaraan roda dua untuk menggunakan BBM jenis premium tersebut sama artinya dengan meminta masyarakat menengah ke bawah untuk menggunakan bahan bakar tidak bersubsidi alias menggunakan bahan bakar Pertamax atau Pertamax Plus.

Namun di luar kontroversi yang beredar itu, mari kita cari tahu sebenarnya apa sihkeunggulan dan kelebihan serta perbedaan antara Premium dan Pertamaxselain harganya.

Pertamax adalah bahan bakar minyak andalan Pertamina. Pertamax biasanya digunakan untuk kendaraan high end atau tahun tinggi. Pertamax pertama kali diluncurkan pada tahun 1999 sebagai pengganti Premix 98 karena unsur MTBE yang berbahaya bagi lingkungan. (Wikipedia)

Pertamax dalam komunitas Kaskus sering diartikan sebagai orang yang pertama kali me-reply Thread dan postingan nya tepat dibawah TS (Thread Starter). Hehehe… Kaskus mode on, gan!.

Lanjut baca gan!

Pertamax adalah motor gasoline Tanpa Timbal dengan kandungan aditif lengkap generasi Mutakhir yang akan membersihkan Intake Valve Port Fuel Injector dan Ruang Bakar dari Carbon deposit dan mempunyai RON 92 (Research Octane Number) dan dianjurkan juga untuk kendaraan berbahan bakar bensin dengan perbandingan kompresi tinggi.

Pertamax merupakan bahan bakar ramah lingkungan(unleaded) beroktan tinggi hasil penyempurnaan produk Pertamina sebelumnya. Formula barunya yang terbuat dari bahan baku berkualtas tinggi memastikan mesin kendaraan bermotor anda bekerja dengan lebih baik, lebih bertenaga, “knock free”, rendah emisi, dan memungkinkan anda menghemat pemakaian bahan bakar.

Pertamax ditujukan untuk kendaraan yang mempersyaratkan penggunaan bahan bakar beroktan tinggi dan tanpa timbal (unleaded). Pertamax juga direkomendasikan untuk kendaraan yang diproduksi diatas tahun 1990 terutama yang telah menggunakan teknologi setara dengan electronic fuel injection dan catalytic converters. Bagi pengguna kendaraan yang diproduksi dibawah tahun 1990 tetapi menginginkan peningkatan kinerja mesin kendaraannya juga dapat mempergunakan produk ini.

Keunggulan Pertamax

Pertamax memiliki nilai oktan 92 dengan stabilitas oksidasi yang tinggi dan kandungan olefin, aromatic dan benzene-nya pada level yang rendah sehingga menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna pada mesin. Dilengkapi dengan aditif generasi 5 dengan sifat detergency yang memastikan injector bahan bakar, karburator, inlet valve dan ruang bakar tetap bersih untuk menjaga kinerja mesin tetap optimal.

Pertamax sudah tidak menggunakan campuran timbal dan metal lainnya yang sering digunakan pada bahan bakar lain untuk meningkatkan nilai oktan sehingga Pertamax merupakan bahan bakar yang sangat bersahabat dengan lingkungan sekitar.

Bahan bakar biasanya diukur dengan Research Octane Number atau disingkat RON, di mana Jenis Premium dengan RON 88, Pertamax dengan RON 92 dan Pertamax Plus RON 96. Research Octane Number atau disingkat RON adalah sebuah nilai yang digunakan untuk mengukur ketahanan mesin motor bahan bakar bensin terhadap Knocking atau sering disebut efek mesin ngelitik.

Perbedaan pemakaian bahan bakar Premium dan Pertamax tentu saja mempunyai pengaruh di sisi mesin dan performa, yaitu untuk mesin sepeda motor dengan kebutuhan spesifikasi bahan bakar jenis Pertamax apabila menggunakan jenis Premium maka akan berpengaruh pada menurunnya performa dan umur pakai mesin.

Sementara mesin sepeda motor dengan kebutuhan spesifikasi bahan bakar jenis Premium apabila menggunakan jenis Pertamax maka performa mesin motor kita akan meningkat, akselerasi tarikan lebih resposif. Pembakaran menjadi lebih sempurna karena nilai oktan pertamax lebih tinggi sehingga menghasilkan pembakaran yang lebih bersih, sehingga kinerja mesin menjadi meningkat, busi jadi tidak cepat ganti.

Sebenarnya masih banyak manfaat dan kelebihan dari menggunakan Pertamax, selain mengurangi efek polusi timbal karena pertamax kadungan timbalnya sangat sedikit dibanding premium, hal ini tentu akan berdampak baik untuk mengurangi emisi gas buang kendaraan. Dan yang terpenting, secara tidak langsung kita telah membantu pemerintah untuk mengurangi anggaran subsidi BBM karena kita memakai bahan bakar non subsidi.

Dengan sedikit penjelasan ini, saya tidak mengatakan HARUS menggunakan Pertamax, akan tetapi kalau kita memiliki kemampuan dan kemauan serta untuk membantu program pemerintah untuk menggunakan bahan bakar non subsidi, saran saya ada baiknya untuk ‘hijrah’ ke bahan bakar Pertamax.

Sorry, the comment form is closed at this time.