Thermal System and Renewable Energy Engineering

It's about clean and cheap energy

Presiden Instruksikan Gerakan Hemat Energi

Posted by ropiudin pada 29 April 2011


JAKARTA:Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginstruksikan dilakukan gerakan penghematan penggunaan energi terutama listrik dan BBM, untuk terus menekan kemungkinan membengkaknya alokasi subsidi untuk komoditas tersebut  menyusul terjadinya penguatan harga minyak mentah dunia.

Kepala Negara juga  merestui jika jajaran pemerintah daerah harus mengeluarkan peraturan atau sejumlah instrumen, untuk membangkitkan upaya melakukan penghematan penggunaan energi  di dalam ngeri.

“Subsidi  besar sekali jumlahnya, [untuk itu mesti dilakukan] gerakan nyata kita semua untuk melakukan penghematan total dan menyeluruh. Sekarang kita  tingkatkan intensitas agar konsumsusi listrik dan BBM terus kita kurangi,” kata Presiden Yudhoyono saat membuka musyawarah perencanaan pembangunan nasional (musrenbangnas) 2011 di Hotel Bidakara hari ini.

Penghematan tersebut, jelasnya, pernah dilakukan pada tahun 2005, kemudian disusul tindakan yang sama pada tahun 2008 dan kembali dilakukan pada tahun 2009. Diharapkan penghematan tersebut kembali dilakukan saat ini, mengingat tingginya harga BBM.

Presiden Yudhoyono mengatakan sejalan dengan meningkatnya harga BBM, jika sampai mengerek alokasi subsidi pemerintah  secara tidak terkendali maka dikhawatirkan akan mengganggu makro ekonomi dan mengganggu alokasi anggaran  pembangunan.

Apalagi, jelasnya, untuk melakukan langkah stabilisasi harga energi termasuk juga pangan  tidak semua bisa bisa dikendalikan oleh pemerintah, meskipun telah dikeluarkan sejumlah regulasi terhadap sejumlah harga.

“Langkah stabilisasi harga tidak semua bisa ditentukan dan dikontrol oleh pemerintah meskipun kita melakukan regulasi terhadap sejumlah harga untuk melindungi rakyat. Harga itu bagian dari dinamika ekonomi,” jelasnya.

Untuk itu, jelasnya, pemerintah mengharapkan adanya kolaborasi kerja sama antara pemerintah dan dunia usaha untuk melakukan stabilisasi harga tersebut, agar dampak gejolak harga yang terjadi saat ini bisa ditekan serendah mungkin.

Sorry, the comment form is closed at this time.