Thermal System and Renewable Energy Engineering

It's about clean and cheap energy

China Terdepan Dalam Pencarian Energi Terbarukan

Posted by ropiudin pada 29 April 2011


Meski Presiden Amerika Serikat Barack Obama berambisi untuk menjadikan Amerika sebagai pemimpin penciptaaan teknologi ramah lingkungan. Negeri tirai bambu, China tetaplah yang terdepan dalam bidang ini.

Tahun lalu investasi energi bersih di seluruh dunia tumbuh sebesar 30 persen ke angka US$ 243 milyar dari angka itu China terus memperkuat posisinya sebagai pemimpin energi bersih di dunia dengan rekor investasi sebesar US$ 54,4 miliar di tahun 2010 saja.

Investasi China di energi ramah lingkungan meningkat 39 persen dari 2009. Sementara posisi kedua ditempati Jerman yang naik dari peringkat ketiga berkat investasi US$ 41,2 miliar.

“Sektor energi bersih yang muncul sebagai salah satu yang paling dinamis dan kompetitif di dunia, mengimbangi 630 persen pertumbuhan di bidang keuangan dan investasi sejak tahun 2004,” kata Direktur Pew Clean Energy Program, Phyllis Cuttino seperti detikOto kutip dari Detroit Bureau, Minggu (3/4/2011).

“Negara-negara seperti China, Jerman dan India menarik bagi pemodal karena mereka memiliki kebijakan nasional yang mendukung standar energi terbarukan, target pengurangan karbon dan atau insentif untuk investasi dan produksi dan yang menciptakan kepastian jangka panjang untuk investor,” katanya lagi.

Amerika Serikat sendiri dahulu menjadi yang terdepan dalam bidang ini tapi hanya sanggup mempertahankan posisi teratas sampai tahun 2008 lalu turun ke posisi ketiga di 2010 dengan invertasi US$ 34 miliar.

Dalam pidato di Georgetown University, Presiden Obama sempat menguraikan beberapa langkah yang dia berharapkan dapat menjadi kebijakan energi AS yang baru, beberapa dikhususkan untuk energi bersih termasuk peralihan ke tenaga alternatif bagi seluruh armada kendaraan bermotor pemerintah federal akan mengambil total 600.000 mobil, truk dan crossover pada tahun 2015.

Selain Amerika yang turun peringkatnya, Inggris Raya malah lebih tragis lagi. Negara ini mengalami penurunan terbesar dari peringkat 5 ke peringkat 13. Lain halnya dengan Italia yang naik ke posisi 4 setelah berinvestasi US$ 13,9 miliar.

Dan untuk pertama kalinya, India bergabung dalam peringkat 10 besar negara yang konsen terhadap masalah energi terbarukan di 2010 setelah menginvestasikan US$ 4 miliar atau 25 persen lebih tinggi dari tahun 2009.

Sorry, the comment form is closed at this time.