Thermal System and Renewable Energy Engineering

It's about clean and cheap energy

PLN Siapkan Elektrifikasi Kendaraan

Posted by ropiudin pada 28 April 2011


Perusahaan Listrik Negara (PLN) kembali membikin terobosan baru. Untuk mengurangi pemakaian BBM dan mengurangi polusi, perusahaan setrum negara itu bakal melakukan elektrifikasi kendaraan bermotor di Indonesia.

Direktur Utama PT PLN Dahlan Iskan mengatakan, pada tahap awal program elektrifikasi kendaraan bermotor tersebut akan dilakukan di pulau tertentu. “Saat ini, perencanaan tengah dimatangkan, sehingga kami harap bisa menjadi program nyata pada dua tahun mendatang,” kata Dahlan akhir pekan lalu.

Manajer Senior Komunikasi PT PLN Bambang Dwiyanto menambahkan, rencana elektrifikasi kendaraan merupakan salah satu bagian dari program elektrifikasi menyeluruh yang dicanangkan PLN. “Kami ingin listrik bisa menjadi sumber energi utama bagi masyarakat di pulau yang sulit dijangkau jaringan distribusi BBM,” ujarnya.

Saat ini, lanjut Bambang, PLN tengah mencari beberapa alternatif pulau yang akan menjadi target program elektrifikasi kendaraan bermotor. “Tentu, pulaunya adalah pulau kecil,” katanya.

Lalu, apakah masyarakat di pulau tersebut harus membeli sepeda motor listrik? Ternyata tidak. Bambang mengatakan, nanti PLN akan menyediakan kendaraan bermotor tenaga listrik yang bisa digunakan masyarakat. “Sedangkan kendaraan bermotor milik masyarakat yang berbahan bakar BBM, dititipkan di PLN,” terangnya.

Karena itu, PLN akan menyediakan alat pengisian tenaga listrik untuk kendaraan bermotor. “Sistemnya sederhana, seperti kalau kita mengisi baterai handphone dengan charger,” ujarnya.

Bambang menyebut, jika semua persiapan bisa berjalan lancar, program elektrifikasi kendaraan bisa mulai diujicoba pada tahun depan. “Tapi, selambat-lambatnya 2013,” katanya.

Sorry, the comment form is closed at this time.