Thermal System and Renewable Energy Engineering

It's about clean and cheap energy

Partikel Nano Grafit Meningkatkan Efisiensi Kolektor Surya Termal

Posted by ropiudin pada 22 April 2011


Hasil penelitian dinyatakan oleh para insinyur mekanik di Arizona State University menyimpulkan bahwa penggunaan partikel grafit nano sangat kecil, yang hampir 1000 kali lebih kecil dari lebar rambut manusia, dalam kolektor panas matahari mereka menyerap panas meningkat efisiensi sebesar 10%.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Robert Taylor, seorang mahasiswa pascasarjana teknik mekanik di Arizona State University dan koleganya, matahari panel PV dapat menggunakan hanya sebagian dari energi matahari yang diterima oleh mereka dan bagian yang tidak terpakai mengkonversi menjadi panas dan menghambat kinerja solar panel. Penelitian ini menunjukkan bahwa kolektor panas matahari tersedia dalam berbagai bentuk seperti tabung dievakuasi, piring, menara, panel dan banyak lagi. Para kolektor memanfaatkan seluruh energi matahari yang diterima oleh mereka tanpa limbah untuk merebus air untuk menghasilkan uap dan untuk menjalankan turbin untuk menghasilkan listrik.

Untuk meningkatkan kompetensi kolektor surya, para peneliti telah partikel grafit nano dicampur, mengukur satu miliar meter dalam ukuran menjadi minyak dipergunakan untuk perpindahan panas dalam tanaman panas matahari. Grafit dipilih untuk manfaat spesifik yang ditawarkan oleh warna hitam seperti menyerap sinar matahari lebih sehingga meningkatkan efisiensi kolektor surya. Taylor telah menunjukkan bahwa nanopartikel grafit akan menghemat sekitar $ 3,5 juta dolar untuk MW panas matahari 100 pembangkit setiap tahun.

Taylor menjelaskan bahwa grafit nano-partikel juga dapat biaya kurang dari $ 1 per gram dan 100 gram nano-partikel cukup untuk menutup wilayah mengukur ukuran lapangan sepak bola. Dia juga menjelaskan kemungkinan memanfaatkan nanopartikel disaring dari jelaga dari pembangkit listrik tenaga batubara dan memungkinkan polutan yang akan digunakan untuk pembangkitan energi bersih.

Sorry, the comment form is closed at this time.