Thermal System and Renewable Energy Engineering

It's about clean and cheap energy

Perangkat Lunak(software) untuk Perencanaan Energi

Posted by ropiudin pada 15 April 2011


Energi merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Pada decade terakhir perhatian terhadap isu energi semakin meningkat bersamaan dengan isu lingkungan. Oleh karena itu, muncul banyak perangkat lunak yang dapat digunakan sebagai media dalam melakukan perencanaan energi. Developer yang menyediakan program untuk ini juga muncul dari berbagai kalangan, dari akademisi hingga pelaku usaha, dan dari yang bersifat profit sampai non-profit.

Cities for Climate Protection Software (CCP)

CCP adalah sebuah perangkat lunak yang dirancang terutama untuk membantu anggota ICLEI untuk Kampanye Perlindungan Iklim (Climate Protection Campaign) mengembangkan rencana aksi iklim lokal. ICLEI adalah Dewan Internasional untuk Inisiatif Lingkungan Lokal (International Council for Local Environmental Initiatives). Perangkat lunak ini dapat digunakan untuk mengembangkan persediaan emisi gas rumah kaca untuk kota-kota berdasarkan penggunaan energi dan limbah generasi. Selain itu juga dapat digunakan untuk membantu menghitung penghematan keuangan, pengurangan polutan udara dan manfaat lain dari strategi pengurangan emisi gas rumah kaca.

COMPEED XL

XL COMPEED Excel berbasis biaya-manfaat dan efektivitas biaya toolbox untuk pribadi dan pengambil keputusan publik. Program ini dirancang untuk melakukan berorientasi eksternalitas techno-proyek energi ekonomi analisis. Untuk pembuat kebijakan, COMPEED dapat digunakan untuk membandingkan proyek-proyek yang berbeda dan panjang, sehingga memungkinkan untuk menentukan prioritas di antara berbagai alternatif. Bagi investor finansial, COMPEED dapat digunakan untuk studi investasi swasta, sehingga dapat untuk memperhitungkan keputusan “go-no-go“. COMPEED menawarkan biaya-manfaat dan analisis efektivitas biaya yang didasarkan pada berbagai manfaat dan biaya penting yang mengelilingi sebuah keputusan, termasuk sumber daya energi, lingkungan, biaya ekonomi, biaya keuangan, kesempatan kerja, neraca pembayaran, biaya fiskal. Selain itu, program ini juga dapat menggabungkan efek dari waktu ke waktu, membuat proyek-proyek atau program yang memiliki perbedaan kondisi pada variabel keuangan atau sumber-sumber ekonomi.

EnergyPLAN

EnergyPLAN adalah sebuah alat berbasis Windows yang dibuat untuk membantu dalam desain nasional atau regional tentang strategi perencanaan energi. Program ini menggunakan model deterministik masukan/keluaran. Secara umum, inputnya berupa data sumber energi terbarukan, kapasitas stasiun energi, biaya dan sejumlah pilihan yang berbeda menekankan pada strategi peraturan impor/ekspor dan kelebihan produksi listrik. Hasil/keluaran yang dihasilkan berupa keseimbangan energi dan hasil produksi tahunan, konsumsi bahan bakar, impor/ekspor listrik, dan biaya total termasuk pendapatan dari pertukaran listrik. EnergyPLAN telah diterapkan di Denmark dan sejumlah negara Eropa lainnya. Ini adalah model deterministik dengan menggunakan beban simulasi per jam untuk satu tahun.Model ini mampu mengoptimalkan pengoperasian sistem tertentu di semua bahan bakar yang bertentangan dengan model-model yang mengoptimalkan dalam sistem investasi. EnergyPLAN didasarkan pada pemrograman sebagai lawan dari iterasi, pemrograman dinamis atau alat matematika lanjutan.

Energy Costing Tool

Sebagai pengakuan atas peran penting yang dimainkan energi dalam mencapai MDGs, UNDP Program Energi Berkelanjutan (UNDP’s Sustainable Energy Programme ) telah mengembangkan seperangkat alat untuk membantu perhitungan energi utama ke dalam MDGs berbasis strategi pembangunan nasional. Sebuah bagian penting dari MDG pengembangan berbasis strategi pembangunan nasional adalah penetapan biaya MDG, yang secara spesifik menghitung keuangan dan sumber daya manusia yang diperlukan, serta infrastruktur yang diperlukan, untuk memenuhi MDGs. Perangkat biaya energi telah dirancang secara khusus untuk membantu pemerintah perencana dan pengambil keputusan memperkirakan jumlah dan jenis investasi energi yang dibutuhkan untuk memenuhi MDGs. Hasil penilaian tersebut dapat membentuk dasar bagi negara berkembang strategi khusus untuk memenuhi MDGs pada tahun 2015. Selain itu, menyediakan kerangka kerja bagi penganggaran yang transparan terhadap pengeluaran publik untuk memenuhi MDGs.

ENPEP (The Energy and Power Evaluation Program)

ENPEP adalah satu alat analisis energi, lingkungan, dan ekonomi yang memiliki 10 set modul. ENPEP dikembangkan oleh Argonne National Laboratory Amerika Serikat dengan dukungan dari US Department of Energy. Beberapa modul ENPEP dikembangkan oleh dan merupakan properti dari Badan Energi Atom Internasional (IAEA).ENPEP dapat digunakan untuk mengevaluasi seluruh sistem energi (penawaran dan sisi permintaan), melakukan analisis rinci dari sistem tenaga listrik, dan mengevaluasi dampak lingkungan dari strategi energi yang berbeda. Setiap modul memiliki keterkaitan otomatis dengan modul ENPEP lain serta kemampuan berdiri sendiri.

HOMER

Homer menyederhanakan tugas mengevaluasi pilihan desain baik untuk off-grid dangrid-connected untuk pengendalian, stand-alone, dan aplikasi distribusi hasil pembangkitan. Homer memiliki optimasi dan algoritma analisis sensitivitas  yang dapat digunakan untuk mengevaluasi kelayakan ekonomi dan teknis dari sejumlah besar pilihan teknologi dan untuk memperhitungkan variasi dalam biaya teknologi serta ketersediaan sumber daya energi. Homer dapat memodelkan berbagai teknologi energi konvensional dan teknologi energi terbarukan. Sumber daya yang dapat dimodelkan meliputi panel surya (PV), turbin angin, mikrohidro, solar, bensin, biogas, microturbines dan bahan bakar sel.

LEAP (Long-range Energy Alternatives Planning)

LEAP adalah perangkat yang sangat komprehensif dalam merencanakan energi. Banyak variabel yang bisa menjadi input variabel seperti pendapatan (PDRB), populasi, teknologi, hingga proyeksi permintaan. Untuk selengkapnya tentang LEAP saya bahas di bagian tersendiri dalam blog ini.

MESSAGE

MESSAGE digunakan untuk merumuskan dan mengevaluasi strategi pasokan energi alternatif di bawah yang ditetapkan pengguna yang berbeda dan kendala fisik. Contohnya antara lain membatasi investasi baru, tingkat penetrasi pasar untuk teknologi baru, ketersediaan dan perdagangan bahan bakar, emisi lingkungan, dll. MESSAGE sangat fleksibel dan dapat juga digunakan untuk menganalisa energi/listrik pasar dan isu perubahan iklim. Model ini memiliki karakteristik yang sama model sebagai MARKAL, EFOM dan KALI. MESSAGE dapat memilih biaya yang paling efektif dan sistem teknologi termasuk sistem distribusi energi yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan layanan energi yang sudah ditentukan. Tidak seperti model optimasi lain, aplikasi ini tidak memerlukan pembelian GAMS, atau solver komersial. Di dalamnya sudah tersedia Linear Programming (LP) sebagai solver gratis.

RETScreen

RETScreen International Clean Energy Project Analysis Software dapat digunakan di seluruh dunia untuk mengevaluasi produksi energi, biaya siklus-hidup dan pengurangan emisi gas rumah kaca untuk berbagai jenis hemat energi dan teknologi energi terbarukan (RETs). Software ini juga mencakup produk, biaya dan database cuaca. The RETScreen International Online Product Database menyediakan akses informasi ke lebih dari 1.000 produsen teknologi energi bersih di seluruh dunia, termasuk situs web dan internet langsung link dari dalam perangkat lunak dan RETScreen dari Situs Marketplace. Selain itu, database menyediakan akses ke sejumlah produsen produk yang terkait dengan data kinerja dan spesifikasi produk. Data ini dapat “disisipkan” ke sel-sel yang relevan dalam perangkat lunak RETScreen. Perangkat lunak RETScreen ini termasuk modul untuk mengevaluasi energi angin, hydro kecil, tenaga surya fotovoltaik (PV), gabungan panas dan tenaga, biomassa pemanas, pemanas air matahari, pemanas tenaga surya pasif dan pendinginan.

SUPER

SUPER adalah model yang berguna untuk studi perencanaan koneksi energi dalam kurun waktu beberapa tahun. Parameter yang digunakan seperti hydro-risk, fiturreservoir, pertumbuhan permintaan, karakteristik parameter per jam, konservasi energi dan program pengelolaan beban, biaya bahan bakar, periode pelaksanaan proyek, interkoneksi, dll. Program ini digunakan oleh lebih dari 10 negara, oleh entitas perencanaan listrik nasional, regulasi sektor listrik dan lembaga kontrol, konsultan, serta perusahaan pembangkitan  dan transmisi.

TIMES/MARKAL

MARKAL (Market Allocation) adalah perangkat untuk pemodelan terkait dengan energi, ekonomi dan lingkungan. Hal ini dikembangkan sebagai upaya kolaborasi yang berada di bawah pengawasan Badan Energi Internasional Teknologi Energi Program Analisis Sistem (ETSAP). MARKAL adalah model generik yang disesuaikan dengan data input untuk mewakili perubahan selama periode tertentu, biasanya 20-50 tahun dari energi spesifik-sistem lingkungan di tingkat nasional, regional, negara bagian atau provinsi, maupun tingkatan tertentu dalam masyarakat. Sistem yang ada direpresentasikan sebagai jaringan, menggambarkan semua kemungkinan aliran energi dari ekstraksi sumber daya, melalui transformasi energi dan perangkat dalam pengguna akhir (end-use), dan berguna untuk pemenuhan permintaan energi. Setiap link dalam jaringan dicirikan oleh satu set koefisien teknis (misalnya, kapasitas, efisiensi), koefisien emisi lingkungan (misalnya, CO2, Sox, Nox), dan koefisien ekonomi (misalnya, biaya modal, tanggal komersialisasi). Banyak pilihan sistem jaringan energi atau Referensi Energy Systems (RES) yang layak untuk setiap jangka waktu tertentu. MARKAL mampu menemukan RES terbaik untuk setiap jangka waktu dengan memilih serangkaian pilihan yang meminimalkan total biaya untuk masing-masing sistem perencanaan. Banyak model yang terpadu di dalam perangkat lunak ini sehingga akan memperoleh banyak pilihan alternatif.

 

Sorry, the comment form is closed at this time.