Thermal System and Renewable Energy Engineering

It's about clean and cheap energy

Indonesia Kaya Sumber Bioetanol

Posted by ropiudin pada 11 April 2011


Indonesia sebagai negara yang kaya akan hasil produksi pertanian dan perkebunan, berpotensi mengembangkan bioetanol sebagai bahan pengganti bensin.

Tim peneliti dari Jurusan Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyatakan, bioetanol dapat menjadi pilihan dalam mengurangi kerusakan lingkungan sebagai efek samping berkembangnya dunia industri dan transportasi.

Beberapa kelebihan yang dimiliki bioetanol dibanding bahan bakar bensin, antara lain karena proses produksi lebih ramah lingkungan dan melibatkan penanaman tumbuhan yang menyerap karbon dioksida di atmosfer. Selain itu, pemakaian bioetanol sebagai bahan bakar kendaraan bermotor lebih ramah lingkungan karena menghasilkan polusi yang lebih sedikit.

Bioetanol merupakan salah satu jenis bahan bakar terbarukan. Bahan bakar ini dapat diproduksi dari berbagai jenis produk pertanian atau perkebunan, seperti tebu, singkong, beras, gandum, sorgum, kentang, jagung, dan buah-buahan.

Namun, bioetanol memang mempunyai kelemahan yang bersifat teknis. Kelemahan itu muncul karena bahan bakar tersebut memiliki kandungan energi yang lebih rendah daripada bensin.

 

Sorry, the comment form is closed at this time.