Thermal System and Renewable Energy Engineering

It's about clean and cheap energy

Biomass: Pemanfaatan Energi Terbarukan

Posted by ropiudin pada 3 April 2011


Kekayaan alam Indonesia sangat berlimpah. Namun penggunaan sumber daya masih terfokus pada sumber daya yang tidak bisa diperbarukan. Pengelolaan sumber daya yang terbarukan masih sangat minim.

Atas dasar itulah, Kementerian Pendidikan Nasional dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral serta Indonesia-Netherlands Association membicarakan langkah-langkah untuk memanfaatkan energi terbarukan.

Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal, seperti dilansir laman diknas, mengatakan sangat penting saat ini menyadarkan masyarakat betapa pentingnya mengubah kebiasaan menggunakan energi dari fosil seperti minyak bumi yang tidak terbarukan, menjadi energi terbarukan seperti angin, panas bumi, ombak, dan air.

“Kita punya pantai yang berbeda temperaturnya. Kita juga punya bahan biomass yang sisanya bisa diolah menjadi sumber energi. Ketergantungan kita terhadap sumber listrik yang tidak terbaharukan, bisa dikurangi secara hebat,” katanya seusai membuka seminar Bio Based Economy – Towards Sustainable Production and Application of Biomass, Rabu (2/03/2011), di Gedung Ditjen Dikti Kemdiknas (c8/lik)

Pemanfaatan Biomassa adalah hal yang sangat penting untuk menjaga kelestarian lingkungan, serta menjadi solusi alternatif menjawab krisis energi

Biomassa merupakan bagian yang dapat didegradasi secara biologis dari produk, limbah dan residu pertanian, kehutanan, industri dan limbah rumah.

Sifat Biomassa ini mengandung energi  tersimpan yang berasal dari matahari. Tanaman menyerap energi matahari dalam proses yang disebut fotosintesis. Energi kimia dalam tumbuhan akan diteruskan ke hewan dan orang-orang yang memakannya.

 

Sorry, the comment form is closed at this time.