Thermal System and Renewable Energy Engineering

It's about clean and cheap energy

Pemerintah Harus Utamakan Geothermal daripada Nuklir

Posted by ropiudin pada 1 April 2011


Pemerintah diminta untuk lebih mengutamakan pengembangan energi panas bumi (geothermal) ketimbang energi nuklir karena energi geothermal ini memiliki resiko yang Jauh lebih kecil.

Pengurus Forum Renovasi Indonesia dan peduli Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Muhammad Ridho mengatakan, sebaiknya pemerintah lebih mengutamakan pengembangan energi panas bumi dibandingkan dengan nuklir, karena resikonya lebih kecil dan lebih aman.

“Apalagi Indonesi memiliki sumber energi geothermal terbesar di dunia dan ini merupakan potensi strategis ketahanan nasional,” katanya di Jakarta, Seniin (28/3/2011).

Menurutnya, pemerintah dan DPR harus sungguh-sungguh mendorong daerah-daerah yang memiliki sumber panas bumi untuk membentuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk memprioritaskan pemanfaatan energi panas bumi.

Namun, ia menyayangkan, saat ini pemerintah masih kurang mendukung pengembangan panas bumi, hal itu terlihat dari minimnya dukungan ke PT Geo Dipa Energi yang selama ini menjadi lokomotif ekplorasi pembangkit listrik panas bumi di Indonesia. “Pemerintah harus membeikan bantuan dan kemudahan kepada perusahaan yang akan mengembangkan energi panas bumi,” ujarnya.

Menurutnya, potensi panas bumi Indonesia yang merupakan terbesar di dunia harus dijadikan peluang emas oleh pemerintah agar Indonesia bisa menjadi pusat perhatian dan mampu menarik investasi di panas bumi.

“Pengawasannya bisa kerjasama dengan BUMD, pihak swasta dalam negeri dan pihak swasta asing dalam jangka waktu tertentu,” pungkasnya.

Sorry, the comment form is closed at this time.