Thermal System and Renewable Energy Engineering

It's about clean and cheap energy

Pembangunan Energi Nuklir Tunggu DEN & DPR

Posted by ropiudin pada 1 April 2011


Keputusan pembangunan proyek energi nuklir harus menunggu keputusan Dewan Energi Nuklir (DEN) dan DPR. Nuklir juga menjadi opsi terakhir sebagai energi alternatif.

Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBT) Kementerian ESDM, Luluk Sumiarso, saat diwawancarai wartawan di sela-sela seminarBelajar dari Kecelakaan PLTN Fukushima-Daiichi Jepang dan Program PLTN di Indonesia, di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin, (28/3/2011).

“Semua itu kembali lagi kepada keputusan politik di dewan energi nasional (DEN) untuk disetujui oleh DPR. Itu bunyi UU-nya,” katanya.

Luluk menjelaskan, walaupun energi nuklir menjadi opsi terakhir yang akan dibangun oleh pemerintah Indonesia, keputusannya tetap berada di tangan DEN dan DPR.

Pihaknya, kata Luluk, tetap menyiapkan langkah-langkah yang akan dilakukan guna mendukung pembangunan PLTN tersebut, tanpa energi tersebut persoalan kelistrikan tidak akan terpecahkan.

“Kami sebagai jajaran teknis tentunya mempersiapkan apapun keputusan yang diambil. Kita siap, kalau kita bicara nuklir kita perlu persiapan teknologi, sumber daya alam, dan sumber daya manusia. Nuklir merupakan opsi terakhir, namun bukan berarti diterima tapi masih dipertimbangkan,” pungkasnya.

Sorry, the comment form is closed at this time.