Thermal System and Renewable Energy Engineering

It's about clean and cheap energy

RI-Denmark Perluas Info Energi Terbarukan

Posted by ropiudin pada 29 Maret 2011


Indonesia bersama pemerintah Denmark meluncurkan Energy and Conservation Clearing House Indonesia (EECCHI).

Ini merupakan kerja sama antara Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (DJEBTKE), Kementerian ESDM didukung oleh Pemerintah Denmark melalui Danish International Development Assistance (DANIDA).

EECCHI merupakan salah satu komponen dari Program Efficiency in Industrial, Commercial and Public Sector (EINCOPS).

EECCHI sendiri adalah wadah pelayanan informasi, promosi, dan kemitraan untuk meningkatkan upaya-upaya efisiensi dan konservasi di berbagai sektor, rumah tangga, industri, bangunan/komersil dan transportasi.

“EECCHI akan berperan aktif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menerapkan konservasi dan efisiensi energi melalui berbagai program sosialisasi, pelatihan, lokakarya, dan lain-lain,” kata Plt Kepala Biro Hukum dan Humas Kepala Pusat BMN, Susyanto, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima okezone, Kamis (24/3/2011).

Diketahui, hingga saat ini penyediaan energi Indonesia masih sangat tergantung pada energi fosil yang disubsidi. Energi terbarukan hanya dipandang sebagai alternatif dan penggunaan energi dilakukan secara tidak efisien.

Dengan adanya program tersebut untuk memfokuskan konservasi energi pada sektor pengguna dan pemanfaatan energi terbarukan secara optimal.

Energi dimanfaatkan pada empat sektor utama, yaitu rumah tangga, komersial, transportasi dan industri. Sejauh ini, pengguna energi terbesar adalah sektor industri dengan pertumbuhan 39,6 persen di 1990 menjadi 51,86 persen pada 2009, atau lebih dari setengah penggunaan total energi nasional.

Pengguna terbesar berikutnya adalah sektor transportasi dengan 30,77 persen, diikuti dengan sektor rumah tangga sebesar 13,08 persen, dan sektor komersial sebanyak 4,28 persen.

Sorry, the comment form is closed at this time.