Thermal System and Renewable Energy Engineering

It's about clean and cheap energy

Pemerintah Tetap Pacu Energi Terbarukan

Posted by ropiudin pada 29 Maret 2011


Di tengah pengkajian secara serius soal energi nuklir sebagai energi masa depan, pemerintah tetap memaksimalkan energi baru terbarukan yang memiliki efek aman. Hal ini mengaca pada bencana radiasi nuklir yang terjadi di Fukushima, Jepang akibat gempa dan tsunami.

“Kita akan tetap memaksimalkan peran dari energi terbarukan yang lain seperti geotermal, air dan bahan bakar nabati,” ujar Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Luluk Sumiharso di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (28/3/2011).

Menurut Luluk, pengembangan nuklir sebagai energi masa depan perlu mempersiapkan banyak hal, dari teknologi, sumber daya alam, dan manusia. Pemerintah sendiri melihat, saat ini nuklir menjadi opsi terakhir. Dalam artian bukan berarti diterima, tapi masih dipertimbangkan.

Dikatakannya, potensi energi alternatif, di luar nuklir, cukup besar. Dari target keputusan prakiraan pemerintah, potensi energi campuran menghasilkan 17 persen. Namun hal tersebut bisa ditingkatkan sampai 25 persen.

“Jadi posisinya eksersais. Karena ini posisi terakhir, eksersaisnya antara nuklir atau tidak dengan nuklir,” imbuh Luluk. “Sementara pembangunan PLTN kan waktunya cukup panjang. Namun yang penting, kita siap saja dulu,” katanya lagi.

Sorry, the comment form is closed at this time.