Thermal System and Renewable Energy Engineering

It's about clean and cheap energy

2050 Denmark Bebas Bahan Bakar Fosil

Posted by ropiudin pada 19 Oktober 2010


JAKARTA. Krisis energi yang terjadi pada 1974 menjadi titik tolak Denmark untuk mulai beralih pada energi terbarukan. Denmark menyadari sangat beresiko jika harus bergantung 100% terhadap energi yang berasal dari fosil seperti minyak bumi. Pilihan pertama mereka jatuh pada energi biomass. Perkembangan energi terbarukan di Denmark dilanjutkan dengan penggunaan energi matahari dan energi angin.

Baru-baru ini, langkah yang lebih serius pada energi terbarukan diambil Pemerintah Denmark. Rencana yang dirilis awal Oktober yang membuat Denmark akan menjadi negara pertama di dunia yang independen dari bahan bakar fosil ditahun 2050.

Hal ini tidak hanya merupakan langkah penting dalam menuju masa depan yang ramah lingkungan, tetapi juga merupakan tanda besar seberapa banyak pasokan energi berkelanjutan yang saat ini tertanam dalam Danish political thinking and priorities dan pada saat yang sama diterima secara luas oleh penduduk dan industri di Denmark.

Hal tersebut dikemukakan oleh Counsellor for Trade and Environtment Royal Danish Embassy Mr.Lars Eskild Jensen pada sela-sela PNPM workshop yang bertempat di hotel Akmani,  Jakarta (7/10).

Pemerintah Denmark sendiri akan membantu program nasional Pemberdayaan Nasional Masyarakat Mandiri perdesaan (PNPM) untuk memenuhi listrik di daerah terpencil di Indonesia. Saat ini diperkirakan sekitar 40% populasi di daerah terpencil di Indonesia masih belum dapat mengakses listrik.

Sorry, the comment form is closed at this time.